RPP Bahasa Inggris Kelas VIII SMP, KD.1.1


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )


Sekolah : SMP Muhammadiyah I Gamping
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VIII /1
Standar Kopetensi: Menulis
1.Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederehana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kopetensi Dasar :1.1. Merespon ungkapan-ungkapan dalam percakapan transaksional .( to get things done) dan interpersonal sederhana secara akurat, lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur, meminta, memberi, menolak jasa, meminta memberi menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat.

Indikator : 1.2. Merespon ungkapan-ungkapan
1. Meminta, memberi, menolak jasa
2. Meminta, memberi, menolak barang

Jenis Teks : Teks transaksional
Tema : -
Aspek/skill : Mendengarkan
Alokasi waktu : 2 × 40 menit


1.Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat
a.Merespon ungkapan, meminta, memberi, menolak jasa
b.Merespon ungkapan, meminta, memberi, menolak barang



2.Materi Pembelajaran
a. Pecakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan
A : Let me help you
B : Thank you so much
A : Can I have a bit ?
B : Sure, here you are
b.Kosakata terkait jenis teks, missal : heep, lovely, dsb
c.Verb, give, get dsb
d.Ungkapan baku : Would you help me ?
Sure
I am sorry
Wold you give me some ? Ok dst


3. Metode/Teknik pPembelajaran Three phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan pendahuluan
-Tanya jawab terkait kondisi siswa
-Membuat kosakata terkait jenis teks
b. Kegiatan inti
1. Membahas kosakat sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengarkan kalimat yang dibaca guru
3. Menentukan makna dan fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kjalimat yang diucapkan guru
5. Melengkapi/Merespon percakapan yang berisi ungkapan-unghkapan, meminta, memberi, menolak jasa
6. Membahas ungkapan-ungkapan dalam kegioatan inti pada nomor 5
7. Melengkapi/Merespon percakapan yang berisi ungkapan, meminta, memberi, menolak barang
8. Membahas ungkapan dalam kegiatan pada nomor 7
c. Kegiatan akhir
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam PBM
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi sesungguhnya

5. Sumbner Belajar
- Buku/hand out yang relevan
- Kaset rekaman percakapan dan tape recorder

6. Penilaiaan
a. Teknik : Tes lisan
b. Bentuk : Daftar pertanyaan
c. Instrumen :
Listen to and complete the dialogue
1. A : ………. To give a difference a papaya tree and pine tree ?
B : Of course A papaya tree is short but a pine tree is high
2. A : Would help me to give difference between guava seeds and durian seeds
B : ………. Guava seeds are small but durian seeds are big
3. A : ………. To give a difference leaf and steam ?
B : Sure, leaf is green but stem is brown
4. A : Would you like to help me to drive me Gembiraloka zoo ?
B : ………. I can’t do that
5. A : ……….
B : Thank you so much

Task 2
Listen to the dialogue then complete the following test
Ali : Do you have hardwood seeds, Ana ?
Ana : ( 1 )…
Ali : Can I have bit ?
Ana : ( 2 )… sure
Ali : How about fertilizer ?
Ana : I have only NPK
Ali : I am sorry ( 3 )…
Ana : Anything else ?
Ali : ( 4 )…
Ana : Wait a minute. Here you are
Ali : I think that’s all. How much do these coast ?
Ana : 25.000
Ali : ( 5 )…
Ana : Thank you very much
Ali : You sure welcome
Options
1. a. Yes, she does c. yes, I do
b. No, I don’t d. No, they don’t
2. a: Here you are c. They are here
b. Here we go d. No, they don’t
3. a. I like it c. Yes, I do
b. I don’t have it d. I don’t like it
4. a. Do you have tree pots ? c. Can I help you
b. Can I have tree pots d. Can you hear me
5. a. Yes, it is c. Here is the way
b. It is the monet d. I like the money

Pertemuan 2
1. Indikator : Merespon ungkapan-ungkapan
- Mengakui, mengingkari fakta
- Meminta dan memberi pendapat
2. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
- Merespon ungkapan mengakui, mengingkari fakta
- Merespon ungkapan meminta dan memberi pendapat

3. Materi Pembelajaran
a. Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan
1. A : Did you break the glass
B : Yes, I did/No, it was not me
2. A : What do you think of this ? ( animal )
B : Not bad ( wonderful animal )
b. Kosakata terkait tema/jenis teks
Misal : break, think, dst
Verb : grow, feed, like, dsb
Ungkapan-ungkapan baku
- Did you water the plant ? Yes, I do
- What do you think of this cat ? It’s pretty

4. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal terkait dengan kondisi siswa
- Membuat kosakata terkait tema/jenis teks
b. Kegiatan Inti
1. Membahas kosakata sulit yang digunakan dalam teks
2. Mendengarkan kalimat yang dibaca guru
3. Menentukan makna dari fungsi kalimat yang didengar
4. Menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
5. Melengkapi/merespon percakapan yang berisi ungkapan-ungkapan, mengakui, mengingkari fakta
6. Membahas ungkapan-ungkapan dalam kegiatan inti pada nomor 5
7. Melengkapi/merespon percakapan yang berisi ungkapan, meminta dan memberi pendapat
8. Membahas ungkpan dalam kegiatan pada nomor 7
c. Kegiatan Penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Menugaskan untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya

5. Sumber Belajar
- Buku/hand out yang relevan
- Kaset rekman percakapan dan tape recorder

6. Penilaiaan
a. Teknik : Tes lisan dan tulisan
b. Bentuk : Daftar Pertanyaan
c. Instrumen :

Task 3
1. A : Did you grow that plan tree ?
B : ……….
2. A : Do you see my orchid ?
B : ………..
3. A : Did you water the flowers this morning ?
B : ……….
4. A : Did you step this grass ?
B : ……….
5. A : Did you fertilize the flower ?
B : ………

Task 4
Listen to the question then answer them by choosing the correct option below
1. a. I have a rose c. Can you see the rose
b. Not bad d. I don’t have a rose
2. a. Here you are c. I am Andi
b. Thank you d. It is very big
3. a. Wonderful c. No, thanks
b. I don’t have it d. I need a plant
4. a. I don’t see a leaf c. It is grape
b. I think the grass is delicious d. Where is the grape
5. a. I don’t see leaf c. I think that leaf is small
b. No, it is not d. Is that a leaf

d. Pedoman Penilaian
1. Setiap jawaban benar diberi skor = 5
2. Jumlah skor maksimal 5 × 10 × 2 = 100
3. Nilai maksimal = 100
4. Setiap nomor jawaban salah diberi skor = 0

Gamping, .
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran





HERIYANTORO, S.Pd.